Tomat (tomato) memiliki manfaat untuk kesehatan


Buah Tomat


Info Budidaya - Tomat (tomato) memiliki tidak begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sebagai kebiasaan yang berisi beta-karoten, tomato yang sangat bermanfaat ialah vitamin K, vitamin A, dan vitamin C.

Di samping itu, ada tidak sedikit manfaat
tomato dalam urusan kesehatan. tomato berisi serat tinggi dan biotin. Zat-zat ini paling berguna untuk orang yang sedang diet andai mereka hendak menurunkan berat badan atau mengawal kebugaran mereka.

Di samping makanan, guna
tomato juga dapat digunakan gunaperawatan kecantikan. tomato dipakai sebagai masker guna mempercantik kulit di wajah dan menyingkirkan jerawat. Ini juga dipakai untuk perawatan rambut.


Deskripsi tumbuhan tomato
tomato ialah tanaman dari Amerika Tengah dan Selatan. Penyebaran ini dibuka pada masa kolonial Spanyol di distrik tersebut. tomato menyebar di Eropa dan Asia.

Nama ilmiah
tomato ialah Solanum lycopersicum, namun yang beda menyebutnya Lycopersicum esculentum. Apa yang benar? keduanya ialah nama ilmiah yang valid. Keberadaan nama ilmiah tomato terjadi salah satu para peneliti. Perbedaannya ialah karena perbedaan dalam kategorisasi sifat spesifik tumbuhan tomato.tomato bisa tumbuh subur di dataran pada elevasi dua ratus sampai lima ratus meter di atas permukaan laut. Bagi hasil terbaik, seringkali ditanam di dataran tinggi lebih dari sembilan ratus  meter di atas permukaan laut. Suhu yang terlampau dingin di bawah  tiga belas  derajat Celcius dapat meminimalisir produksi, sedangkan suhu fanatik di atas  tiga puluh dua  derajat Celcius bisa menghambat penyerbukan dan pemupukan, menangkal pembentukan buah. Harap perhatikan petunjuk umum untuk menempatkan tomato.
tomato memiliki format yang bertolak belakang tergantung pada varietasnya. Ada bulat, lonjong atau lonjong dengan ukuran berbeda. tomato terkecil mempunyai berat selama delapan gram per buah, sementara yang besar dapat mencapai 180 gram. Juga warna buah bervariasi, tomato matang berwarna kuning, oranye dan merah.

Ada tidak sedikit varietas tomato, sejumlah dapat tumbuh sampai yang lama dan menjangkau dua  meter. Jenis
tomato ini dinamakan tanpa batas, varietas Gondol, Santa, Belgia, apel. Ada pun tipe urgen di mana ketinggian selesai pada elevasi tertentu. Varietas ini tergolong Oval, Ratna, Diamond dan Diamond.


Manfaat
tomato guna tubuh

Zat yang memainkan peran urgen dalam mengawal kesehatan tubuh ialah antioksidan.
tomato memiliki tidak sedikit antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, sejumlah di antaranya merupakan:
untuk.


A. kesehatan tulang

Utilitas
tomato guna kesehatan tulang telah diperlihatkan dalam studi teranyar bahwa likopen yang ditemukan di tomato memainkan peran aktif dalam mengawal jaringan tulang. Lycopene ialah antioksidan yang meminimalisir laju oksidasi tulang. Dengan kata lain, Lycopen menangkal patah tulang.

Konsumsi
tomato disarankan untuk orang dengan massa tulang yang berkurang, laksana osteoporosis atau perempuan menopause. Bagi mendapatkan lumayan likopen, konsumsilah dua gelas jus tomato masing-masing hari.    

 B. kanker

Manfaat pencegahan kanker
tomato telah dikenal. Meskipun tidak terdapat informasi spesifik guna jenis kankernya. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam tomato dirasakan zat yang tercebur dalam perawatan dan pengurangan risiko kanker.

Sejauh ini,
tomato dipercayai makanan yang dapat meminimalisir risiko kanker prostat sebab kandungan zat alfa-Tomatina. Zat ini sudah terbukti mengakibatkan kematian sel apoptosis pada sel kanker prostat.

Di samping itu, alfa-tomatina juga bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan kanker paru-paru, kanker pankreas dan kanker payudara.




C.  kardiovaskular

Manfaat
tomato dalam sistem kardiovaskular berhubungan dengan dua faedah antioksidan dan zat yang menata pengaturan lemak dalam darah. Antioksidan sangat urgen untuk sirkulasi darah dan kardiovaskular.

Salah satu antioksidan yang memainkan peran penting ialah* lycopene. Zat-zat ini menolong mengurangi peroksidasi lipid dalam darah. Peroksidasi lipid ialah proses dimana lemak terdapat di membran sel di atas pembuluh darah. Kerusakan ini dapat dibetulkan* dengan antioksidan yang tepat.

Manfaat beda dari
tomato kesehatan jantung tergolong kolesterol total, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Selanjutnya, konsumsi tomato dapat meminimalisir agregasi yang berlebihan dari sel trombosit. Koagulasi ini dapat mengakibatkan koagulasi dan penyumbatan yang tidak perlu. Pencegahan bekuan urgen untuk kesehatan jantung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »