Cara Membudidayakan Ayam Kampung Dengan Tepat


 Sumber-Informasi-Akurat-Dan-Terpercaya-Ayam-Kampung.

 Sumber Informasi Akurat Dan Terpercaya - Ayam kampung adalah ayam yang paling digemari karena nilai gijinya yang dikenal lebih baik dibandingkan ayam potong dan nama ilmiah untuk ayam kamung ini sendiri adalah gallus domesticus.

Selain itu keunggulan ayam ini memiliki kualitas telur yang baik dan pastinya giji yang dikandung oleh telur ayam ini sangat baik untuk kesehatan.

Banyak orang yang senang memelihara ayam ini karena perawatannya yang tidak sulit membuat banyak orang gemar memelihara ayam ini. biasanya pakan ayam ini hanya diberikan nasi bekas untuk pakan ayam ini. yang terkadang diberikan jagung untuk pakan ayam ini. dan biasanya ayam juga akan mencari pakan sendiri disekitar rumah.

akan tetapi dengan cara demikian. kita tidak bisa memelihara jenis ayam kampung ini dengan jumlah yang banyak. jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik kita harus melakukan perawatan ayam secara  nyata.

-Menggunakan bibit ayam sendiri dengan kualitas yang baik

pertama. untuk melakukan menjadi peternak ayam kampung yang sukses pastikan Anda harus menyediakan tempat yang cukup lebar untuk ternak ayam tersebut.

kedua. pastikan Anda memliki kandang yang berukuran 3 m  X 5  m x 2 m untuk kandang cetak. 

-siapkan juga lima tempat ayam bertelur. yang bisa anda buat dari kotak persegi yang anda isi dengan daun pisang yang sudah benar-benar mengering.

-tempat bertengger untuk tidur ayam

-kandang memiliki pencahayaan yang cukup dimalam hari agar ayam jauh dari serangan nyamuk.

-pastikan lokasi kandang aman dari serangan hewan liar.

-pastikan kandang tidak bocor atau bebas dari tepias air disaat hujan maka kualitas telur dan tidak terganggu. jika telur yang sudah terkena tepias air maka kemungkinan telur untuk menjadi anak ayam akan sangat kecil dan kebanyakan adalah gagal.

ketiga.siapkan siapkan cukup satu ekor jantan yang dengan kualitas yang baik dan 5 ekor induk yang pastinya juga memiliki kualitas yang baik. pastikan induk yang dipilih itu sehat.

umur yang baik untuk induk adalah 10 bulan keatas dan sudah pernah bertelur sebelumnya. jika induk yang digunakan terlalu  muda atau masih belum mencapai usia dewasa. makan kemungkinan kualitas anak induk tersebut akan menurun.

keempat. karena ini induk ini hanya untuk mengasilkan anak saja jadi kita bisa langsung memasukannya kedalam kandang beserta dengan ayam jantan tersebut.

Kita bisa mendapatkan kualitas bibit seperti yang kita inginkan jika induk ayam tersebut masih belum pernah dibuahi oleh jantan lain setelah selesai pengeraman  atau teah meyelesaikan satu rotasi bertelurnya.


kelima. Berikan pakan berupa jagung dan juga pakan ayam agar kualitas telur yang dihasilkan juga bagus.


keenam. setelah satu bulan biasanya induk ayam akan mulai mengeram. pastikan tempat telur dan induk mengeram tersebut kering. Setelah kurang lebih tiga minggu maka telur akan menetas. dan jika lebih dari 22 hari telur masih belum menetas biasanya telur tersebut sudah busuk atau tidak bisa menjadi anak ayam.




Perawatan Untuk anak ayam.


- sedikan tempat atau kandang khusus untuk anak ayam yang memiliki pecahayaan yang cukup agar anak ayam tidak meresa dingin. dan pastikan anak ayam selalu dalam keadaan hangat.

-Pisahkan induk ayam dari anak ayam agar induk semakin cepat untuk bertelur kembali dan semakin cepat untuk produksi kembali dan bisa menghasilkan telur kembali.

-berikan pakan pelet untuk anak ayam yang memiliki kualitas yang tinggi agar anak ayam mengalami pertumbuhan yang sempurna.

Dan pakan yang baik itu sendirihaus terdiri dari protein, karbo hidrat, vitamin dan mineral yang cukup.

-berikan vaksin ND saat anak ayam berumur 1 bulan.

setelah ayam mencapai umur satu bulan. ayam bisa diberikan makanan apa saja selama jenis makanan tersebut tidak berbahaya untuk ayam dan tidak harus berupa pelet ayam. 


Cara Membuat pakan ayam Alternatif.

1. Sediakan bahan utama yakni:

- Pohon talas. 2kg
- Beras catu  1 kg
-dedak jagung  1 kg
- tepung tulang 0.5 ons

2. haluskan semua bahan 
3. campurkan semua bahan dengan air yang secukupnya.
4 masak sampai pakan matang.
5 setelah dingin bisa diberikan kepada ayam.
   Jenis pakan ini biasanya diberikan pada sore hari saja dan untuk jenis ayam yang sudah berumur diatas satu bulan. sekian informasi yang bisa diberikan oleh Sumber Informasi Tepat Akurat Dan Terpercaya - inter369.blogspot.com.
 







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »