Cara Membudidayakan Ayam Potong Atau Ayam Boiler


Cara-Budidaya-Ayam-Boiler-ayam-Potong


Sumber Informasi Akurat Dan Terpercaya | Inter369 -  Ayam potong atau ayam boiler. ayam ini memiliki berbagai jenis tingkatan. semakin baik atau semakin tinggi tingkat produltivenya maka ayam akan semakin cepat besar dan pastinya bibit yang baik semakin mahal juga harga bibit tersebut dan sebaliknya.

Ayam boiler ini merupakan persilangan antara berbagai jenis ayam yang memiliki produktive yang tinggi sehingga memiliki kualitas yang tinggi. 

Cara Budidaya Ternak Yang Menginspirasi  - Ayam yang memiliki kualitas tinggi tidak menjamin jika ayam ini akan tumbuh dengan maksimal. ada berbagai alasan atau faltor yang membuat ayam ini bisa tumbuh dengan maksimal. Cuaca, suhu ruangan, jenis maknan dan lainnya. oleh sebab itu. semakin banyak pengalaman dan pengetahuan akan sangat membantu anda dalam kesuksesan anda memelihara dan menernak jenis ayam ini.

Ayam ini memiliki kualitas daging yang lebut dan pasti kualitas rasa ayam ini sangat disukai masyarakat. bisa dibilang ayam potong adalah jenis daging yang paling laris terjual. dengan peminatnya yang sangat banyak membuat permintaan ayam ini juga semakin banyak. oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba menernak ayam ini dan menjadikannya bisnis anda.

Biasanya Harga ayam ini akan melonjak disaat hari-hari besar dikarenakan permaintaannya yang juga melonjak 



Untuk Bibit Yang Baik.

Bibit yang baik pastinya adalah:
-Aktif bergerak
-memiliki Badan Yang Bulan Dan Besar Pada Usia yang Masih Dini.
-Lubang Anus dan bulu  bersih
-Hidung tidak memiliki cairan / flu
-Mata yang Cerah berkilau dan tajam
-Suara yang nyaring
-Tidak cacat 

Pastikan Kandang yang Digunakan Memiliki Standart


Seperti yang kita bahas diatas tadi. Kualitas Ayam saja tidak cukup jika lingkungan juga tidak mendukung. oleh sebab itu memiliki kualitas kandang yang bagus juga mempengaruhi kualitas pertumbuhan pada ayam. 

Kualitas Kandang sangatlah berpengaruh dengan kerja keras, usaha  keberhasilan dalam perkembangan usaha menernak ayam boiler tanpa kandang yang memiliki standart mustahil untuk anda mencapai kesuksesan dalam bisnis ini.


kualitas kandang yang standart diantarnya adalah sebagai berikut:

- Pastinya Kandang harus jauh dari pemukiman penduduk. selain ayam tidak mudah terserang penyakit, penduduk disekitar juga tidak terganggu dengan aroma dari ayam tersebut.

- Kandang Terkena sinar matahari dan tidak lembap

- Sirkulasi udara harus terjaga dengan fentilasi yang cukup

- Meskipun fentilasi cukup, anda harus tetap waspada disaat hujan, disaat hujan bercampur dengan angin biasanya piasan  hujan akan rentan masuk kedalam kandang, dan ayam yang sudah terkena air hujan  biasanya ayam akan sakit, sulit berkembang dan bahkan mencapai kematian.

- Pastikan Suhu didalam kandang ayam tetap stabil. suhu untuk ayam boiler ini biasanya cenderung sedikit hangat. Anda bisa bantu menjaga suhu kandang dengan menggunakan bola lampu atau menggunakan penghangat ruangan. suhu yang ada pada kandang biasanya antar 32-25 derajat celcius. disaat ayam masih berumur dini maka suhu yang digunakan sekitar 32 derajat celcius dan untuk ayam yang sudah berukuran satu bulan biasanya memerlukan suhu kurang lebih 25 derajat celcius.

- Jauhkan ayam dari jenis unggas lain yang memiliki kemungkinan membawa virus dan penyekit kepada ayam boiler

-keadaan disekitar kandang pastikan dalam keadaan bersih agar ayam jauh dari serangan hewan liar.




Jenis-Jenis Kandang Ayam Boiler 

Jenis Kandan sangat tergantung dengan kebutuhan anda. Pemelihan kandang juga sangat menentukan kesusesan anda. Dengan memilih jenis kandang sendiri pastinya akan menambah semangat dan juga kepercayaan diri anda dalam bisnis ini. berikut adalah jenis-jenis kandang yang bisa anda gunakan:

- Kandang Cage
Kandang-Cage-Untuk-Ayam-Boiler
Add caption


 Kandang Cage adalah jenis kandang bertingkat hampir sama dengan jenis kandang ayam petelut, akan tetapi ada beberapa pengusaha juga menggunakan kandang ini untuk menernak ayam boiler ini. kandang ini dibuat menggunakan besi yang menyerupai kawat tebal yang dibuat dengan alas yang memiliki celah dengan besi tersebut agar kotoran ayam lansung jatuh di tampungan dan bisa langsung terpisah dari ayam. dengan menggunakan kandang ini pastinya ayam akan lebih mudah terkontrol Akan tetapi kandang ini pastinya dibuat dengan harga yang tidak murah.


- Kandang Liter


Kandan-Liter-ayam-Boiler


  Kandang Liter adalah jenis kandang yang paling banyak digunakan untuk memelihara ayam boiler ini dikarenakan Modal untuk membuat kandang ini relatif mudah. Kandang ini akan lebih sulit dikontrol dikarenakan kotoran ayam yang relatif banyak membuat kontoran langsung berkontraksi dengan ayam. biasanya untuk menutupi kekuangan kandang ini menggukan litter sebagai alasnya.

- kandang panggung

Kandang-panggung-Ayam-Boiler


Kandang panggung juga sangat bagus untuk memelihara ayam boiler. kandang ini memiliki keunggulan dengan kotoran ayam boiler akan lansung jatuh ketanah. akan tetapi biasanya kandang ini terletak diatas kolam ikan, kotoran ayam boiler yang jatuh kedalam kolam dan mejadi pakan untuk ikan yang ada didalam kolam. dan bahan yang digunakan biasanya adalah bambu. Dengan menggunakan bambu yang dipasang agak rengang secara teratur agar kotoran bisa langsung jatuh bawah kolam. akan tetapi jarak antara bambu satu dengan yang lain juga tidak boleh terlalu renggang yang akan membuat kaki ayam akan tersangkut.

Dengan menggunakan bahan bambu sebagai lantainya adalah bahan yang tepat. bambu lebih kuat dibandingkan dengan kayu plat. selain itu harganya relatif lebih murah.



Pemberian Vitamin

 -Saat Ayam berumur satu atau dua hari. Vitamin yang mengandung antibiotik yang bertujuan untuk menjadikan bibit ayam jauh dari penyekit dan tidak terserang penyakit. bibit ayam juga tidak mudah stres.

-Saat ayam berumur 4 hari. berikan minuman mineral yang menandung suplemen untuk memerpcepat pertumbuhan dan perkembangan ayam.

- Untuk ayam yang sudah berumur  7 hari keatas ayam bisa diberikan minuman vitamin secara rutin.

untuk setiap jenis minuman dan maknan anda bisa langsung tanyakan langsung ditempat penjualan pakan ayam.



Pemberian Vaksin
  Vaksin inaktif adalah jenis vaksin yang cocok digunakan sesuai dengan pengalaman Cara Budidaya Ternak Yang Mengispirasi untuk menambah daya tahan tubuh si ayam. setelah ayam berumur lima hari ayam sudah bisa diberikan vaksin . pemberian vaksin bisa menggunakan suntik ataupum menggunakan tetes mata.

Bisa Juga menggunakan cara dengan vaksin tetes pada hidung. akan tetapi dengan menggunakan tetas mata atau caksin suntik akan lebih efektif.

Waktu pemberian vaksin

- Pemberian vaksin ND kepada ayam disaat umur ayam 5 hari yang mana cukup disuntik  satu mili per ekornya 

-ketika ayam sudah berumur 12 hari  ayam sudah mulai diberikan vaksin Gumboro dengan dosis yang sama.

- vaksin ND Strain F diberikan kepada ayam boiler dengan dosis yang sama pada ayam boiler yang telah berumur 20 hari.

  - Pemberian Vaksin ND strain K biasanya sudah tidak diberikan kepada ayam dikarenakan biasa ayam sudah terjual. akan tetapi adapaun pemberian vaksin ini saat ayam sudah berumur 45 hari. tujuan pemberian vaksin ini agar ayam tetap dalam kondisi yang sehat.


Pemberian Pakan

-Ada Sistem pemberian pakan hanya dipagi sampai sore hari saja. Akan tetai pemberian pakan dengan dibatasi akan membuat ayam bertumbuh dengan kurang maksimal. Dengan sistem pemberian pakan non stop akan membuat ayam tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

jenis pakan yang dibutuhkan sendiri adalah jenis pakan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

- Pemberian pakan untuk ayam ini biasanya mengguankan pakan pabrik yang mana jenis pakan ini terdiri dari dua jenis yaitu makanan untuk starter dan finisher.

informasih yang dapat diberikan Cara Ternak Budidaya Yang Menginspirasi. pakan untuk  starter adalah jenis pakan yang mengandung protein yang lebih tinggi hingga mencapai 23 % dan bisanya jenis pakan ini diberikan sampai ayam berumur  19 hari dan setelah itu berikan jenis makanan finiser. jenis makanan finisher biasanya diberikan saat ayam telah berumu 20 hari. jenis pakan ini mengandung protein yang lebih rendah dibandingkan dengen jenis pakan starter. dengan kandungan protein 20%.


 Teknik pemeliharaan

-Sebelum bibit datang dan sampai. anda sudah harusmeng hidupkan pemanas dikandang satu jam sebelum bibit atau sampai. sediakan berikan air hangat yang ditambahkan dengan POC nasa atau veterna  dengan konsentrasi cukup 2 cc untuk satu liter air yang ditambah dengan gula agar ayam lebih cepat pulih dari kelelahan dan stres saat diperjalanan. Pastikan dalam satu kandang bibit ayam tidak terlalu banyak agar tidak ada yang tertimpa dan akhirnya mati.

Pakan lansung bisa diberikan 
 

- Pada hari kedua
ayam sudah tidak perlu diberikan air hangat untuk minum ayam tersebut. Berikan air biasa dengan  campuran POC nasa atau Veterna dengan konsentrasi  2 cc perliter air. dan samapi hari kelima ayam sudah boleh diberikan vaksin.

- Pada Hari ke-12
Pada hari ke-12  ayam sudah bisa diberikan vaksin lagi agar tubuh ayam jauh dari penyakit dengan catat pemberian vaksin tidaklah wajib. bisa diberikan ataupun tidak. dan suhu panas didalam kandang sudah bisa dikurangai.

-Pada hari ke-19
Ayam diberikan vaksin lagi pada hari ke-19. Vaksin juga bisa diberikan melaui minuman dengan cara tidak memberikan ayam minum untuk dua jam- adan ketika sewaktu ayam merasa haus ayam akan segera minum vaksin yang diberikan. 

pemanas suhu pada ruangan sudah bisa digantikan hanya dengan bohlam sebagai penghangat ruangan. akan tetapi pemanas masih dibutuhkan dimalam hari untuk mejaga suhu tetap normal.

untuk hari selanjutnya tidak ada lagi perawatan khusus untuk ayam ini. akan tetapi tetap jaga dan kontrol suhu didalam ruang tetap stabil. berikan penghangat ruangan kembali disaat musim hujan. Pastikan juga keadaan kandanga tetap bersih. karena ketika ayam sudah berumur 20 hari keatas. kandang akan sangat mudah kotor dikarenakan kotoran dari ayam tersebut.

Mengatasi Penyakit.

Ngorok.

Sakit ngorok pada ayam biasanya dikarekan inveksi pada saluran pernapasan. jenis sakit ini juga bisa menular dari ayam satu ke ayam yang lain. akan tetai jenis penularan ini tidaklah mudah. jadi anda tidak perlu khawatir

kita bisa mengatasi dengan memberikan  obat yang disarakan oleh tempat pembelian pakan atau obat ayam.


 Berak Kapur.
 
Jenis penyelit ini sama seperti nama yang diberikan, pastinya gejala ini kotoran ayam yang berupa diare bercampur warna dengan putih seperti kapur.


Hilang Nafsu Makan dikarenakan Gumboro.

Jenis penyakit ini membuat ayam tidak memiliki selera makan. gejalannya seperti demam dan jenis penykit ini sangat mudah menular melalui kotoran ayam. jenis penyekit ini sangat merisaukan para peternak.

 

Oleh sebab itu. kebersihan kandang sanagatlah penting. Dengan mengatur jumlah ayam didalam satu kandang tidak terlalu banyak. maka kebersihan kandang akan lebih muda terjaga.

Pembersihan yang wajib dilakukan adalah saat ayam telah selesai dipanen. kandang harus di bersihkan dengan sangat bersih. dengan membuang semua kotoran, memberihkan alat makan dan minum dengan menggunakan detergen.

setelah itu anda bisa menyeprotkan formalin didinding-dinding dan udara agar bakteri kuman dan virus tidak tertinggal.

pastikan kandang sudah kosong dalam 10 hari atau lebih sebelum peternakkan selanjutnya dilakukan. - Sumber Informasi Akurat Dan Terpercaya - Inter369.blogspot.com.


 






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »