Cara Membudidayakan Ikan Cupang Dengan Tepat

Cara-Membudidayakan-Ikan-Cupang-Dengan-Tepat

Informasi Usaha Budidaya - Ikan cupang ataupun yang terkadang disebut sebagai ikan laga adalah jenis ikan air tawar. untuk merawat ikan ini bisa dikatakan mudah-mudah susah. akan tetapi banyak kalangan. baik dari anak-anak, dewasa, kalangan atas, kalangan bawah. karena ikan ini memiliki banyak jenis dan farisi dan keindahan yang sangat menarik.

Ikan ini terkadang disebut juga sebagai ikan laga dikarenakan ikan biasanya dimanfaatkan untuk bertarung sebagai sarana untuk bertaruh, akan tetapi tidak semua ikan ini termasuk ikan petarung, selain ikan petarung, ikan ini ada juga yang termasuk golongan ikancupang utuk dilaga dan untuk dihias.


Informasi-Usaha-Budidaya


Informasi Ikan Cupang Laga

informas-usaha-budidaya


Ikan ini sudah dapat hidup di tempat didalam botol tanpa bantuan alat sirkulasi udara ikan ini bisa hidup ditempat yang minim udara. oleh sebab itu ikan ini dikatakan mudah dalam pemeliharaannya, akan tetapi ikan ini tetap memerlukan kualitas air yang baik.


Tanpa banya basa basi, kita langsung saja ke intinya tentang bagaimana cara membudidayakan 


Pertama. sediakan tempat, anda bisa menggunakan akuarium berumuran kecil atau bisa menggunakan kolam dengan ukuran 15 cm X 30 cm saja.


kedua. isi air dengan ketinggian cukup 10 cm 

ketiga. Pemilihan induk. Pilih induk yang berkualitas baik. induk berkualitas tergantung dengan kebutuhan anda

-untuk induk yang diadu, pastikan induk jantan dan betina sudah menang sebelumnya dan tidak pernah kalah ( kalah sampai lari dikejar oleh lawan.) ikan yang sudah pernah dikalahkan biasanya ikan tersebut akan bacol. yang akan berpengaruh pada kualitas anak ikan tersebut.

Ikan yang memiliki kualitas ciri petarung yang baik biasanya memiliki badan yang tebal, bibir yang tebal, stamina yang panjang dan juga sudah beberapa kali menang.

-Untuk induk hias sendiri, biasanya ekor yang luas dan warna yang cerah akan menjadi pilihan yang baik 

pastikan induk yang dipilih adalah induk yang sehat tidak cacat dan induk yang sudah cukup umur dan sudah siap untuk dipijah. ikan yang sudah berusia 5 bulan adalah ikan yang sudah siap untuk di kawinkan.


untuk ikan jantan dewasa biasanya ikan akan memiliki warna yang  cerah dengan ukuran badan yang lebih besar dari pada ikan betina, sedangkan ikan betina memiliki warna yang lebih gelap dan kusam dibandingkan dengan ikan jantan


Cara-Membudidayakan-Ikan-Cupang-Dengan-Tepat

 
ke empat. Setelah Induk tersedia, isi wadah yang mau digunakan dengan air dengan kualitas tinggi dengan cukup 10 cm saja. alasan untuk mengisi ait tidak terlalu tinggi agar saat  telur sudah menetas, bibit ikan yang masih baru menetas tidak kesulitan mendapatkan udara. Jika air yang diisi terlalu banyak maka kemungkinan gagal dalam perkawinan ini memiliki kemungkinan gagal yang tinggi.

Kelima. masukan tanaman air untuk tempat bertelur ikan. anda bisa menggunakan eceng gondok dan pastikan gunakan secara pas-pasan dikarenakan tenaman ini akan merebut oksigen dari induk maupun telur dan anak ikan. 

Pastikan wajah atau tempat ikan untuk dikawinkan dalam keadaan yang cukup tenang atau bisa anda tutup agar ikan tidak terganggu saat melakukan perkawinan.

keenam. masukan ikan betina terlebih dahulu disore hari dan kemudian ikan jantan dimalam hari untuk memulai perkawinan. 

dua hari kemudian biasanya ikan jantan akan membuat bui-bui kecil yang bertujuan untuk tempat telur sang ikan.

Ikan Akan mulai bertelur biasanya pada hari ke tujuh. setelah induk selesai bertelur. pisahkan induk betina dari telur.

Ikan jantanlah yang akan menjaga burayak, oleh sebab itu pastikan ikan jantan yang menjaga buruyak tersebut dan bukan ikan betina.

ketujuh. Biasanya telur akan menetas setelah 24 jam atau lebih. ikan jantan biasanya akan berpuasa untuk mejaga burayak dan selama tiga hari itu burayak tidak perlu diberikan makan karena masih ada nutrisi dari telur.

kedelapan. anda bisa berikan kutu air kepada burayak. berikan kutu air kepada burayak secara pas pasaan. jika diberikan secara berlebihan kutu air tersebut akan mengganggu kesehatan burayak. anda bisamenukarkan kutu air dengan mengguankan juning telur. pastikan kuning telur yang berikan tidak mengganggu kebersihan air dengan cara memberinya sedikit demi sedikit.

kesembilan. empat hari kemudian pisahkan induk jantan dari burayak. Setelah burayak telah berumur ua minggu, iknan sudah bisa diberikan cacing sutra yang dipoting halus

Saat usia ikan mencapai satu bulan ikan sudah bisa diberikan jentik nyamuk. jentik nyamuk yang akan diberikan bersih karena jenit nyamuk sering membawa penyakit bagi ikan.

setelah ikan berusia 2 bulan ikan sebaiknya tidak dicampur atau sebaiknya dipisah  agar ikan tidak bertarung satu sama lain. pisahkan dengan menggunakan botol satu persatu untuk ikan jantan. sedangkan untuk ikan betna cukup dicampur dalam satu kolam.

jangan berikan ikan cacing sutra dan jentik nyamuk secara rutin. berikan juga pelet ikan secara bergantian agar ikan tidak bosan dan ikan ikan bisa makan dengan maksimal.


untuk jentik nyamuk sebaiknya anda beli dan atau anda bisa dapatkan langsung dari selokan. akan tetapi untuk cacing sutra bisa anda budidaykan sendiri. anda bisa mempelajari cara membudidayakan cacing sutra yang juga bisa sekaligus dijadikan sampingan anda.

Kualitas air sangat berpengaruh dengan kesehatan ikan. oleh sebab itu tetap jaga kualitas air demi pertumbuhan ikan bisa maksimal dan agar ikan tetap dalam keadaan sehat.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »