Cara Menanam Mangga Dan Cara Mencangkoknya

Informasi-Usaha-Budidaya

Informasi Usaha Budidaya - Cara menanam mangga dengan baik dan benar adalah isi dari artikel yang akan kita bahas kali ini, berkebun mangga adalah salah satu cara untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah yang sangat menarik, apalagi anda sendiri hobi dengan namanya berkebun.

Pohon mangga yang berbuah dengan sempurna atau bagus, akan membuat kita merasa bangga dengan hasil tersebut. ada rasa kebanggaan tersendiri dalam proses saat dimulainnya penanaman pohon mangga, perawatan, dan hasil panen dari begitu banyak pokok mangga membuat kita merasa puas dengan hasil yang kita kerjakan.

Nah,, oleh karena itu, jangan takut untuk memulai bisnis ini, karena bisnis ini akan sangat menguntungkan jika anda bisa bekerja langsung dalam melakukan perawatan ma

Biaklah kita langsung saja membahas tentang buah mangga dan bagaimana cara untuk merawat buah mangga ini sendiri menjadi buah favorit diseluruh dunia, buah ini adalah buah nomor dua paling laris setelah buah jeruk.

Kandungan Gizinya yang baik dan juga rasanya yang enak membuat buah ini menjadi buah favorit dalam pemasaran, selain rasanya yang manis, buah ini juga memenuhi rasa puas orang yang menyukai rasa asam dan renyah,

Buah ini memiliki banyak jenis dengan rasa-rasa yang berbeda, sehingga hampir semua orang menyukai buah mangga. selain itu buah ini sangat mudah dijumpai didaerah bagian manapun. Di setiap tahun permintaan buah mangga tidak pernah menurun, untuk diaeran indonesia sendiri. Permintaan buah mangga sendir meningkat pesat pada bulan puasa.

Buah ini bisa menjadi makanan pencuci mulut dan juga bisa menjadi minuman seperti jus dengan berbagai olahan menarik.


Informasi-Usaha-Budidaya


Alasan kenapa orang-orang memilih buah mangga sendiri karena kandungan buah mangga yang sangat cocok untuk sebagai buah untuk menjaga kesehatan tubuh dan untuk berbuka puasa.

Kita sendiri bisa melihat banyaknya produck yang memiliki rasa mangga mengaku jika menggunakan buah asli dengan manfaat-manfaat dari buah mangga, setiap produck kemasan mengambil keuntungan nama buah asli mangga karena manfaatnya yang dikenal sebagai buah yang kaya dengan manfaat.

Orang yang secara rutin mengonsumsi buah mangga ini sendiri bisa mengurangi resiko terkena berbagai jenis kanker. selain itu, tulang-tulang juga akan menjadi lebih terjaga kualitasnya.

Mangga adalah jenis buah yang sangat sehat, buah ini memiliki kandungan Protein yang cukup tinggi, Vitamin C, Lemak, Karbohidrat, Vitamin A, Vintamin, B-6, Vintamin K dan juga potasium.

-Kandungan yang ada didalam mangga tersebut membuat para pengonsumsi mangga secara ritun tersebut bisa terhindar dari diabetes. meskipun rasanya yang manis, akan tetapi gula yang ada dalam buah mangga ini tidak membuat kadar gula seseorang menjadi meningkat.

-Selain itu, kandungan yang terdapat dalam mangga bisa membuat degenerasi Makula bisa terkontrol.  Mangga memiliki kandungan Antioksida Zeaxanthin  yang membuat kesehatan pada mata lebih terjaga. dengan mengunsumsi mangga secara rutin disetiap harinya, hal ini terbukti akan menjaga mata tetap bisa melihat dengan lebih jelas dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi mangga.

-Mengga Juga dapat menurunkan resiko terkenannya kanker, Usus besar, payudara, kanker prostad dan juga leukimia. akan dilindungi oleh kandungan antioksida yang terdapat dalam mangga.


- Menurunkan  serangan Jantung dengan kandungan vitamin dan juga kalium, peningkatan kalium yang beserta penurunan asupan natrium sangat disarankan agar resiko serangan jantung akan menurut dengan nyata.

-Tulang akan menjadi lebih sehat dan menjadi lebih kuat. Tulang akan bisa menjadi lebih kuat jika mendapatkan kalium dari susu, akan tetapi tulang baru bisa mendapatkan kalium dari susu jika vitamin K tulang tercukupi. maka tulang akan mendapatkan kalium dari susu dengan maksimal jika Vitamin K dalam tulang cukup, Vitamin K tersebut bisa tulang dapatkan dari buah mangga, kekurangan Vitamin K tersebut juga merupakan faktor utama dari patah tulang dan tidak sedikit kasus patah tulang dikaitkan dengan kurangnnya vitamin K.

- Serat yang dikandung dalam mangga dapat membantu pencernaan. lemak dan minyak yang menggangu pencernaan akan teratasi dengan serat yang terkandung dalam mangga.

-Anemia dalam kasus tertentu bisa dibantu oleh dengan mengonsumsi mangga, Dengan kandungan zat besi yang ada dalam mangga bisa membantu dalam mengatasi Anemia. zat besi yang terkandung dalam buah mangga juga membuat buah mengga ini juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang membutuhkan kalium dan juga zat besi.

- Mangga yang memiliki umur yang lebih muda memiliki kalium dan juga serat yang bisa mengontrol kolestrol, obesitas, jantung, tekanan darah dan lainnya,

-Mangga pasti sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, Vitamin A yang dikandung mangga bisa menjaga kesehatan mata dan terhindar dari berbagai penyakit maya seperti rabun jauh, rabun dekat dan lainnya.


Nah begitu banyak bukan manfaat mangga yang bagus untuk kesehatan tubuh, oleh karena itu, tidak heran peminat buah mangga semakin tinggi disetiap tahunnya, hal tersebut berbanding lurus dengan petani buah mangga yang juga terus meningkat.

Setiap petani yang mengetahui kebutuhan buah mangga yang terus meningkat disetiap tahunnya, mereka ingin setiap pohon yang berbuah itu lebih cepat, nah rahasia agar pokok bisa berbuah dengan lebih cepat adalah dengan cara cangkok,

Cara Menanam Mangga Dan Cara Mencangkoknya

Trik cangkok ini sudah ada sejak lama telah ada dan sudah menjadi bagian dari favorit para petani  yang bisa menghasilkan buah mangga dalam jangka waktu yang lebih pendek. pokok mangga cangkok memiliki keunggulan tidak makan banyak tempat dan bisa membuahkan hasil yang lebih maksimal. akan tetepi untuk mendapatkan hasil yang seperti diinginkan juga tidak semudah yang dibayangkan. jika dilakukan dengan cara yang tepat pastikan akan menjadi hal yang menyenangkan.



Berikut adalah beberapa langkah penting yang harus anda lakukan jika anda menginginkan buah yang maksimal.

Pertama.

Siapkan bibit yang berkulitas super. kita bisa mendapatkan bibit yang berkualitas dari sumber yang terpercaya. kita juga bisa mendapatkan bibit berkualitas dari distributor yang memiliki sertifikat.

Jika anda memiliki kemampuan untuk mencangkok bibir sendiri, maka itu adalah sebuah keuntungan untuk anda untuk lebih cepat mengembangkan bibit tersebut. pastinya anda akan merasa lebih puas dengan kualitas yang anda dapatkan karena anda telah mengetahui bibit apa yang anda gunakan. sangat disarankan menggunakan induk berkualitas super dan pastikan anda menggunakan cara cangkok yang baik dan benar.


Dalam pemilihan jenis bibit ini merupakan langkah yang sangat penting karena pemilihan bibit akan sangaat berpengaruh besar dalam hasil panen. dan untuk pemilihan bibit pastikan bibit yang anda pilih merupakan bibit yang sehat dan jauh akan hama.

Kedua.

Setelah langkah pertama anda lakukan dengan sempurna, maka nada bisa melanjutkannya dengan mempersiapkan tempat atau lahan untuk menanamkan pokok mangga tersebut.

- Pastikan tempat atau lahan yang anda tanam bukanlah lokasi yang benar-benar kering atau bahkan tidak ada tanaman yang tumbuh, selain itu pastikan sekitar tempat atau lahan yang akan ditanman dan juga lahan tersebut bersih dan tidak sulit untuk mendapatkan air.

- Jarak antara pokok mangga yang satu dengan yang lain tidak terlalu dekar, jarak yang disarankan adalah 10 Meter atau lebih. tergantung jenih pokok mangga yang akan ditanam,

- Gali lubang untuk tanaman mangga dengan kedalaman 1 Meter * 1 Meter, pokok atau tanaman mangga tersebut jangan langsung ditanman, kita harus mengagolah tanah tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan pupuk kandang,

campurkan pupuk kandang secukupnya dengan tanah yang telah dilubangi, setelah itu kita biarkan selama 1 minggu agar pupuk menyatu dengan tanah. kemudian biarkan kurang lebih selama seminggu agar efek panas yang diberikan pupuk tidak berlebihan yang malah akan menghancurkan tanaman.

Ketiga

Setelah langkah pertama dan kedua selesai, maka kita bisa melanjutkan pada langkah ketiga, langkah ketiga ini sendiri adalah memindahkan pokok dari polibet ketanah, lepaskan polibet dari bibit pohon secara perlahan dan hati-hati. 

dengan kedalaman 1 meter tersebut, anda bisa menanam tanaman dengan kedalaman setengah meter saja. maka tanah disekitar tanaman masih akan terlihat cekung. nah.. tanah itu sendiri akan ditinggikan atau di tumbun setelah tanaman tumbuh lebih tinggi agar tanaman lebih kuat.

Pastikan saat melakukan pemindahan pokok mangga ketanah, saat melakukan penimbunan, tanah sebaiknya tidak terlalu padat dengan tujuan agar akar dari tanaman tidak terluka dan lebih mudah beradaptasi.

lakukan pemindahan pada sore hari, setelah pemindahan biasanya pokok akan sedikit lebih stres, kita bisa menilai hal ini dari daun mangga yang terlihat akan sedikit lebih kusam. tapi jangan khawati dengan hal tersebut, itu adalah hal yang normal saat melakukan pemindahan, hal tersebut adalah bukti dari stres yang didapatkan oleh pokok saat dilakukannya pemindahan.


Karena ini adalah pokok cangkokan , kita bisa menanam pokok ini di dalam drum. keuntungan menggunakan drum ini sendiri adalah kita bisa memindahkan tanaman di mana saja dan kita juga bisa memiliki jenis tanah sesuai dengan yang kita inginkan.

Kerugian menggunakan drum adalah biaya untuk drum itu sendiri sudah menjadi biaya tambahan. selain itu tanaman juga tidak bisa tumbuh maksimal karena terbatas dengan ukuran drum tersebut, akar akan dibatasi sejauh lebar drum saja, sedangkan jika langsung ditanam di tanah maka tanaman akan tumbuh maksimal dan mendapatkan juga buah yang maksimal.


Keempat

Cara menanam mangga dengan baik dan benar agar tamanan bisa berbuah dengan maksimal selanjutnya adalah dengan cara parawatan yang baik dan juga benar. diantarnya adalah sebagai berikut :

- Pastikan lingkungan disekitar tanaman tetap bersih dan terjaga, lingkungan yang bersih membuat tanaman bebes dari penyekit dan jauh dari serangan hama.

- Dalam perawatan pokok mangga, kita perlu melakukan pemangkasa, daun dan juga tunas yang berlebihan yang akan membuat tanaman sulit untuk berbuah, bahkan tanaman yang sudah berbuah akan sering keguguran juga daun dan juga tunas terlalu banyak.

- Usahakan tanah tetap gembur, pengemburan tanah tersebut biasanya dilakukan tiga dua bulan sekali secara rutin. lakukan pengemburan tanah secara berhati-hati.

- Pantau kesehatan pohon secara rutin, terkadang meskipun sekitar lingkungan sudah bersih, akan tetapi ada munculnya hama yang akan menggangu. oleh karena itu kita perlu pemantauan secara rutin untuk menghindari hama dari tanaman,

Tanaman yang sudah terkena hama akan lebih cepat pulih jika di lakukan perawatan secara intensif.


-Lakukan pemupukan secara rutin, pilih pupuk yang tepat. kebutuhan setiap tanaman akan memiliki kebutuhan yang berbeda. tergantung dengan jenis tanaman dan jenis tanah yang akan mempengaruhi kebutuhan tanaman.



Informasi-Usaha-Budidaya


Berikut Adalah beberapa langkah Cara Mencangkok pada tanaman 

Pertama : Siapkan bahan yang diperlukan untuk melakukan pencangkokan.

1. yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan pisau yang tajam. Pisau yang tajam akan membuat hasil kerja anda menjadi maksimal dan tidak merusah cankokan.

2. Anda memerlukan tali yang terbuat dari kulit bambu, tali terbuat dari banbu akan membuat hasil lebih maksimal, akan tetapi jika menggunakan tali Rafia atau tali pelastik. 

3. Siapkan pelastik yang tidak berwarna atau trasparan, pelasti ini bertujuan untuk menutup bagian cangkokan dengan menggunakan pelasti trasparan sehingga kita bisa meihat perkembangan cangkokan dengan lebih jelas.

4. anda bisa menggunakan tanah yang subur atau bisa anda camputkan dengan  arah yang sudah dujadikan serbuk, agar tanah yang digunakan kaya akan humus.


Kedua. setelah semua bahan tersebut tersedia, maka langkah yang harus anda lakukan selanjutnnya adalah pilih batang pohon induk yang berukuran tidak terlalu kecil dan tidak telalu besar. dan pastikan batang yang digunakan tidak terlalu tua, jika menggunakan batang yang terlalu tua, resiko kegagalan dalam pencangkokan relatif gagal. 

ketiga. kupas batang tersebut dengan menggunakan pisau yang tajam tersebut. pastikan pengupasan tersebut tidak terlalu dalam dan tidak terlalu tipis.

keempat. setelat terkelupas, dengan secara perlahanm anda bisa bisa menggunakan pisau kambium untuk mengerok batang tersebut.

kelima. anda bisa membalut kupasan tersebut dengan menggunakan tanah yang sudah disediakan dengan menggunakan pelastik trasparant tersebut.

setelah semua selaesai dikerjakan, biasanya akar pada pohon akan tubuh lebih sempurna pada setelah dua minggu samapai tiga minggu. setelah itu anda bisa memindahkannya ke polibet untuk perkembangan selanjutnya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »