Membudidayakan Anggrek Dengan Cara Tepat.

Informasi-Usaha-Budidaya

Informasi Usaha Budidaya - Bunga Angrek kini menjadi salah satu jenis bunga yang dijadikan bisnis terbesar. Bisnis  anggrek diindonesia sendiri sangat menjanjikan karena potensinya yang sangat melimpah. Keindahannya dan dengan ragamnya membuat orang yang memandanginya tidak cepat bosan dan tetap bisa menikmati keindahannya.

Cinta pada tanaman hias adalah awal yang sangat baik untuk memulai bisnis ini. Selain keuntungannya yang sangat menjanjikan. kecintaan anda akan tanaman akan membuat anda sangat bersemangat dalam menjalai bisnis angrek ini.

Membudidayakan Anggrek Dengan Cara Tepat.

Keuntungan lain dalam bisnis ini adalah jenis tanamana anggrek biasanya tidak manja dan mampu hidup dengan berbagai iklim.

Berikut adalah cara menanam angrek dengan baik dan benar : 

Anggrek dibagi  menjadi dua jenis secara umum. yakni anggrek Epiphyt dan juga anggrek terrestris atau yang disebut sebagai anggrek tanah.

Anggrek Epiphyt sendiri adalah jenis anggrek yang bisanya dihup dipepohonan ataupun diranting-ranting pepehonan. Biasanya angrek dalam satu pepohonan  Anggrek yang hidup dalam sati pepohonan biasanya juga tidak terlalu banyak jadi mereka tidak akan mengganggu tanaman lain.

Anggrek Terrestris adalah  sendiri adalah tanaman angrek yang biasanya hidup ditanah.

Oleh sebab iyu kita harus bisa mengetahui tempat atau media yang digunakan untuk menam tanaman ini sesuai dengan kebutuhannya, meskipun tanaman ini bisa hidup tanpa mengguankan pot dan bisa hidup pada pepohonan lain. akan tetapi untuk budidaya sendiri sebaiknya menguanakan pot. Alasan menggunakan pot sendiri agar lebih mudah perawatan dan pemberian pupuk pada tanaman angrek.


Informasi-Usaha-Budidaya


Untuk lokasi tanaman
Lokasi untuk tanaman ini juga sangat penting. agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan sehat. sebaiknya tanaman mendapat pencahayaan matahari yang cukup. pencahayaan matahari tersebut merupakan bagian yang paling penting dari tanaman anggrek itu sendiri, akan tetapi kita harus pinter-pinter dalam melokasikan tanaman anggrek ini sendiri karena setiap tanaman anggrek dengen jenis yang berbeda juga membutuhkan kapasitas pencahayaan matahari yang berbeda juganya.


Kita cukup mudah dalam membedakan jenis tanaman anggrek yang membutuhkan pencahayaan matahari yang lebih besar atau lebih kecil. yakni dengan membedakan jenis ketebalan pada daunnya dan juga umur pada tanaman anggrek itu sendiri. 

semakin tebal dan semakin tua kebutuhan pencahayaan pada tanaman tersebut biasanya akan besar. teori melihat ketebalan daun untuk memperkirakan kebutuhan pencahayaan pada tanaman anggrek tersebut tidak bisa dijadikan patokan.

berikut adalah beberapa informasi tetang jenis tanaman anggrek dan dan jumlah cahaya yang dibutuhkan.

adapun beberpa jenis anggrek yang membutuhkan kapasitas cahaya matahari yang banyak biasanya akan dibudidayakan ditempat yang lebih terbuka ( hanya ditutup menggunakan jaring agar tanaman anggrek jauh dari hama) diantarnya adalah angrek sejenis Renanthera dan juga anggrek dengan sejenis Arachinis.

Disamping itu kita juga ada beberapa contoh jenis anggrek yang bahkan tidak bisa tumbuh ditempat yang memiliki pencahayaan yang terlalu berlebihan yang akan membuat dia sulit untuk betumbuh dan bahkan terancam layu dan mati. Jenis anggrek Ancedium, Cattleya, Dendrobium adalah beberapa jenis tanaman anggrek yang biasanya hidup ditempat denganpencahayaan yang tidak terlalu terik atau minim cahaya.


Oleh karena itu, kita harus bisa membedakan jenis tanaman mana yang membutuhkan banyak cahaya dan jenis anggrek yang mana mebutuhkan cahaya yang minim.

Kita harus mempersiapkan segalanya dengan matang sebelum memulai bisnis atau budidaya anggrek ini.


Media Anggreak.

ini juga tidak bisa disepelekan, media juga harus ditempatkan ditempat dengan ketinggian yang harus sesuai dengan jenis anggrek yang dibutuhkan. untuk syarat penanaman agrek ini sering diabaikan oleh para petani, karena untuk jenis ketinggian untuk memaksimalkan jenis-jenis tanaman anggrek yang membutuhkan ketinggian tertentu masih bisa tergantikan dengan diberikannya pupuk yang akan menjadikan tanaman anggrek bisa tetap tumbuh dengan maksimal.
Informasi-Usaha-Budidaya

akan tetapi, tidak semua jenis tanaman anggrek yang bisa hidup dengan ketinggian yang berbeda dari aslinya, karena beberapa faktor seperti suhu udara, tekanan udara, pencahayaan dan beberapa faktor lainnya.


Anggrek Cymbidium, dan meltonia adalah jenis anggrek yang biasanya tumbuh 1000 Meter diatas permukaan laut. anggrek ini akan sulit bertumbuh jika anda membudidayakannya didaerah dengan ketingian  dibawah 500 Meter diatas permukaan laut.  maka tanaman ini pasti tidak akan berkembang dengan baik.

sedangkan anggrek vanda dan beberapa jenis anggrek lainnya  akan bisa tumbuh dengan maksimal dengan ketinggian kurang lebih 500 Meter dari permukaan laut, dan pastinya kita tetap harus menjaga standart dalam perawatan tanaman anggrek tersebut.


Informasi-Usaha-Budidaya


untuk lokasi yang bagus untuk pertumbuhan anggrek adalah lokasi yang memiliki kelembapan yang cukup, dengan angis spoi-spoi yang cukup agar anggrek bisa tumbuh dengan maksimal.


Bibit.


Informasi-Usaha-Budidaya


Pilih bibit yang memiliki kualitas yang terbaik, tanaman anggrek dengan jenis yang sama, rata-ratanya memiliki golongan bibit dengan kelas yang berbeda-beda. pilih bibit yang berkualits S. meskipun bibit yang memiliki kualitas S akan memiliki harga yang mahal, hasil yang akan diperoleh lebih banyak pastinya,

selain itu proses perawatan bibit juga tidak terlalu rumit. jenis bibit berkualitas S akan lebih sulit terjangkit penyakit jika memiliki perawatan yang sama dengan bibit lainnya, dan tidak berarti kualitas bibit S tidak bisa terjangkit sakit. semua pastinya tergantung bagaimana kita merawat bibit tersebut, hanya saja bibit berkualitas S lebih kuat dibanding dengan bibit berkualitas biasa.

Informasi-Usaha-BudidayaJika pemilihan bibit telah selesai dipilih, maka tanamlah bibit anggrek dengan menggunakan pelastik, dalam waktu 3 bulan. atau anda juga bisa menggunakan botol. setelah itu anda bisa memindahkan bibit anggrek tersebut kedalam pot dengan lebar 6 cm atau lebih besar tergantung kebutuhan, satu pot untuk satu anggrek.


lakukan perawataan dengan baik dengan menempatkan dilokasi yang tidak terlalu panas dan kaya dengan angin. spoi-spoi dan pemberian pupuk dengan jenis dan kadar yang tepat. banyak orang yang mengalami kegagalan tersensiri karena pemberian pupuk yang berlebihan.

cara pemberian pupuk itu sendiri agar tanaman anggrek yang masih berumur muda ini tidak berlebihan adalah dengan cara menyiram tanaman ini dengan air biasa yang memiliki kualitas standart air bersih. setelah itu beru lakukan penyiraman kepada bibit anggrek dengan menggunakan air yang telah dicampurkan dengan pupuk.

Tujuan dilakukannya hal tersebut agar bibit daun pada bibit anggrek tersebut menyerap air terlebih dahulu dan secara oromatis daun dan akar dari anggrek tidak bisa menyerap secara maksimal air pupuk yang diberikan. hal ini membuat bibit anggrek tersebut tidak akan mendapatkan pupuk yang berlebihan,

Bagaimana jika kita melakukan penyiraman terhadap tanaman langsung menggunakan air pupuk dengan kadar yang renda..? pastinya akan lebih hemat dalam biaya perawatan..?

Jika anda benar benar ahli dalam melakukan hal ini, anda mungkin akan berhasil dalam percobaan ini. jika tidak berhasil maka semua bibit yang telah anda pupuk anda gosong, gugur, layu dan mati.

selehat perawatan yang baik dilakukan selama 3 bulan. bibit yang telah berukuran 6 bulan ini langsung saha dipindahkan kepot yang berukuran besar, tujuan tersebut dilakukan agar tanaman anggrek tidak terhambat pertumbuhannya dikarenakan ukuran pot yang masih kecil.



Berikut adalah beberapa langkah dalam memberikan perawatan yang baik untuk bibit bunga anggrek.


Pindahkan Anggrek yang sudah berumur  3 bulan tersebut ke dalam pot dengan tujuan agar pertumbuhan di dalam pelatik tidak berlebihan yang akan berefek akar ada pada bibit akan menjalar samapai ketanah, akar yang sudah menjalar ketanah tersebut akan secara oto,atis membuat anda kesulitan adalam mengangkat bibit tersebut dan jika dalam pngakatan bibit tersebut terjadi luka pada akar anggrek. maka anggrek tersebut akan menjadi tidak sehat atau stres.


Pemberian tiang.

Pemberian tiang pada anggrek bertujuan agar anggrek bisa bersandar pada tiang dan tidak mudah roboh. tips ini memang terlihat sepele akan tetapi tanpa sebuah tiang dalam pokok anggrek, maka anggrek akan dinilai rusak.


Suhu 

Seperti yang telah kita bilang tadi, suhu untuk tanaman anggrek perlu dijaga, kita harus mengetahui jenis anggrek apa yang kita budidayakan, usahakan agar tanaman tetap mendapatkan suhu yang stabil dan tetap salam keadaan cukup lembab.


Informasi-Usaha-Budidaya


Memindahkan Bitbit Anggrek.

Untuk memindahkan bibit Anggrek tersebut harus dengan ketelitian dan jangan pernah melakukannya dengan buru-buru. dan sebelum melakukan pemindahan, sangat disarankan agar anda terlebih dulu menyiapkan media tempat bibit akan dipindahkan.

jangan lupa berikan tiang agar bibit bisa berdiri dengan sempurna dan lebih kokoh dan pastikan bibit dalam posisi yang baik dan benar.

Jangan lupa agar tanaman angrek dilindungi dari hama yang akan menyerang dengan menggunakan jaring yang dibentuk seperti rumah. sehinga tidak akan ada hama yang menganggu.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »